Langkah awal kalau Speedy Gangguan

Written By Unknown on Selasa, 09 Maret 2010 | 08.10


Banyak Netter yang suka buru-buru komplain ke 147 kalo speedy kita dirumah tiba-tiba ngadat atau gak bisa dipakai. Barangkali ini tips berguna yang perlu anda lakukan sebelum complain ke Telkom :
1. Check apakah ada tone telepon (bisa dipakai), kalau ternyata telepon juga mati, maka langkah pertama, check seluruh instalasi kabel rumah (IKR), mulai dari KTB (kotak batas antara kabel PVC (warna abu-abu) dengan kabel luar yg berwarna hitam), Kabel PVC, Roset/Spliter.
2. Cara paling mudah untuk menguju jaringan kabel dalam rumah OK/NOK, lepas aja kabel telepon yang masuk ke spliter/roset lalu pasang di KTB, jika ternyata telepon kita normal maka dipastikan jaringan dalam rumah kita yang terganggu (biasanya karena dimakan tikus atau roset/spilter kena karat), cara perbaikan sambung aja bagian yang putus atas roset dibersihkan dari karat (bersihkan dg alkohol).
3. Kalau telepon bunyi tapi speedy tidak konek, perlu dicheck lampu indikator di modem, kalau koneksi ke komputer pake ethernet card, maka yang nyala biasanya (PPP, PWR, DSL, Ethernet) kalau pake koneksi USB maka yang nyala biasanya (PPP, PWR, DSL, USB).
4. Kalau indikator USB/Ethernet yang padam, berarti antara modem dan PC belum konek, bisa terjadi driver di computer hilang atau kena virus atau koneksi kabel yang belum benar, silahkan dilepas dulu lalu pasang lagi, kalau tetap belum bisa maka perlu dilakukan install ulang (cari CD installer modem yang biasa ada dalam kotak modem).
5. Kalau indikator PPP yang padam atau hidup mati (blinking) berarti sistem ada trouble koneksi ke BRAS, bisa terjadi karena kualitas jaringan yg menurun/jelek atau karena trouble di sisi BRAS Telkom atau di DSLAM, langkah awal yang perlu dilakukan pastikan all koneksi Modem, PC dan IKR sudah dalam kondisi benar, jika masih tetap mati (hdup mati), silahkan kontak ke 147 utk identifikasi lebih lanjut.
6. Khusus untuk Modem yang disetting dengan modem bridging, biasanya indikator lampu yang nyala (PWR, DSL. Ethernet/USB), di monitor komputer biasanya akan terlihat 2 tanda koneksi meliputi koneksi lokal (ethernet/USB dengan PC) dan koneksi ke gate way internet untuk browsing, banyak netter biasanya lupa dikira sudah konek padahal belum melakukan dial di icon connection (masukan login dan ID yg kita punya).

Semoga bisa membantu, salam sukses.

0 komentar:

Posting Komentar

komentar